Fakta Menarik Tentang Menstruasi

https://i1.wp.com/www.kompas.com/data/photo/2009/10/26/0944449p.jpg

Bagi sebagian perempuan, masa menstruasi bisa sangat mengganggu. Sementara itu, yang lain bisa melewatinya dengan santai-santai saja. Datangnya mens bisa membuat Anda lega, bisa juga membuat Anda kecewa berat. Dalam kenyataannya, banyak hal bisa terjadi akibat pengaruh menstruasi ini. Banyak fakta yang tergolong unik. Beberapa di antaranya bahkan bisa bermanfaat untuk Anda.
1. Ingin diet? Awali pada minggu pertama dari siklus hormon Anda. Menurut sebuah studi dari Tufts University, Anda cenderung makan 12 persen lebih sedikit pada minggu ini dan mengalami penurunan hormon yang menyebabkan Anda ngidam makanan tertentu.
2. Bila ingin berhenti merokok, coba lakukan pada paruh kedua siklus menstruasi Anda. Penelitian yang dilakukan University of Minnesota pada tahun 2008 menunjukkan bahwa estrogen adalah hal yang menyebabkan Anda ingin mendapatkan substansi yang sifatnya adiktif, seperti nikotin. Ketika kadar hormon ini menurun pada minggu ketiga dan keempat, Anda tidak lagi begitu menikmati rokok. Saat itulah Anda bisa berhenti merokok.
3. Menstruasi bisa membuat Anda sulit berbicara. Menurut studi yang sama dari University of Minnesota, progesteron mengacaukan kemampuan verbal Anda sehingga Anda selalu salah mengucapkan kata-kata dan jadi lemot. Hormon ini jugalah yang menyebabkan Anda sembelit atau kembung. Jadi, tambahkan menu serat dan banyak minum air putih agar fisik tetap bugar.
4. Mood swing, yang merupakan gejala menstruasi, bisa menular. Jika pasangan Anda menjadi moody pada saat Anda sedang mens, Anda bisa membantunya untuk mengembalikan mood baiknya. “Ada bukti bahwa fluktuasi testosteron setiap bulan bisa menghasilkan gejala mirip PMS pada pria,” kata Jed Diamond, psikoterapis asal California yang juga menulis buku Male Menopause.
Menurut sebuah studi yang dipresentasikan di 11th Biennial Conference untuk Society for Menstrual Research, pria yang mengisi kuesioner mengeluhkan mood swing bulanan yang mirip dengan yang dialami kaum perempuan. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lanjutan mengenai hal ini.
5. Teman sekamar Anda bisa ikut mens ketika Anda sedang mens. Hal ini disebabkan oleh siklus bulanan. Para ahli juga mengatakan bahwa tanda-tanda kimiawi pada tubuh seorang perempuan kemungkinan ditiru oleh tubuh perempuan lain. Ini tidak mengherankan karena perempuan yang tinggal bersama biasanya juga mengalami stres yang sama. Penyebab stres yang sama bisa memengaruhi waktu menstruasi mereka.
6. Menstruasi bisa bikin Anda diare. Senyawa kimia yang memicu kontraksi saluran kemih untuk membantu mengeluarkan darah secara tidak sengaja menyebabkan usus Anda untuk ikut berkontraksi. Anda bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit pada serangan nyeri ini untuk menghentikan kontraksi.

sumber :http://female.kompas.com/read/xml/2010/10/29/16505954/6.Fakta.Unik.tentang.Menstruasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s