Fakta Menarik Tentang Mobil F1 – Race

Sebuah mobil F1 ternyata terbuat dari 80.000 komponen, dgn perakitan mendekati kesempurnaan 99%, walaupun demikian ketika balapan dimulai msh terdapat sekitar 80 kesalahan teknis. Ketika Seorang pembalap F1 melakukan pengereman/brakes, maka perlambatan yg terjadi dapat disamakan dgn mobil biasa ketika menabrak tembok batubata dgn kecepatan 300kmph


Mobil F1 dapat melaju dgn kecepatan dr 0 – 160kph dan kembali diam atw kecepatan 0 dlm waktu 4 detik!!!

Mesin mobil F1 dapat sebagian besar hanya bertahan kurang lebih selama 2 jam di balapan, dgn kata lain ada tingkatan mesin yg akan terus dikembangkan..




Rata-rata pembalap F1 kehilangan 4 kg dr berat badannya selama 1x balapan akibat suhu tinggi selama 1 jam di dalam mobil… Pantesan lgs timbang badan abiss balapann

Tempratur di dalam knalpot mobil balap F1 mencapai 950 derajat Celcius. Saat melakukan pengereman, tempratur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1000 derajat Celcius. Sedangakan suhu rata-rata dalam kokpit selama balapan adalah 55 derajat Celcius.



Untuk memberikan penjelasan betapa pentingnya sistem aerodinamika dan down force pd mobil F1, dpt dibandingkan dgn pesawat kecil tanpa sistem ini mempunyai kecepatan yg lebih kecil dibandingkan mobil F1. Tanpa Kekuatan Aerodinamika yg di terapkan pd mobil F1 maka kecepatan maksimal hanya akan mencapai 160 kph, dimana mobil F1 dgn sistem aerodinamika dpt mecapai kecepatan normal nya yakni 300 kph


Pada balapan biasa seperti di Monaco Grand Prix, sistem aerodinamika down force dpt menghisap tutup dr terowongan di jalan mengingat sirkuit Monaco menggunakan jalan raya biasa. Makanya sebelum balapan harus dilepaskan dulu, sebelum kena kepala orang laen

Pengisian bahan bakar F1 dpt mencapai 12 Liter per detik, hmmm… artinya adalah hanya butuh kurang lebih 4 detik utk mengisi penuh tangki bahan bakar mobil biasa sebanyak 50 Liter. Alat pengisian bahan bakarnya sama dgn alat yg digunakan utk mengisi bahan bakar helikopter militer Amerika Serikat.



Pit crew di F1 yg terbaik dpt mengisi bahan bakar dan mengganti ban dlm waktu 3 detik, sedangkan gw mo bikin thread kek gini butuh waktu 19 menit

Selama balapan, ban F1 jg mengalami susut massa sebanyak 0,5 kg utk tiap ban.

Ban biasa normal penggunaannya adalah 60.000 – 100.000 km di jalan yg biasa, sedangkan ban mobil F1 dirancang rata-rata utk 90-120 km dlm 1 kali balapan.

Dalam kondisi cuaca kering, ban F1 dpt mencapai top performance nya dlm kondisi temperatur antara 90-100 derajat Celcius (titik didih air)

Ban F1 dlm kecepatan maksimum dpt berputar sebanyak 50 kali dlm 1 detik



sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5820344

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s