Hewan – Hewan yang Tubuhnya Transparan

1. Siponopora (Siphonophores)

Siphonophores masuk ke dalam Cnidaria, kelompok hewan yang termasuk di dalamnya koral (karang), hydroid, dan ubur-ubur. Marrus orthocanna, jenis sphonophores di kedalaman laut. Kombinasi sistem pencernaan dan peredaran darahnya berwarna merah; sedangkan lainnya transparan.
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:

2. Cumi Transparan
Ditemukan di lautan belahan bumi bagian selatan (Teuthowenia pellucida) memiliki organ
lampu di matanya dan bisa menggulung menjadi sebuah bola, mirip seekor landak laut.

Quote:

3. Amphipod Transparan
Dinamakan Phronima, hewan unik ini merupakan satu dari banyak spesies aneh yang belakangan ditemukan dalam sebuah ekspedisi di gunung bawah laut di Atlantik Utara. Dalam suatu strategi yang ironik untuk bertahan hidup, makhluk mirip udang ini memperlihatkan semua yang dimilikinya, luar dalam, dengan maksud menyembunyikan sosoknya.

Quote:

4. Ikan Es (Icefish) Transparan
Ditemukan di perairan dingin dekat Antartika dan Amerika Selatan bagian selatan, ikan es buaya (Channichthyidae) ini memangsa udang-udang kecil, copepods, dan ikan-ikan lainnya. Darah mereka transparan disebabkan mereka tidak memiliki hemoglobin dan/atau hanya sel darah merah yang tidak berfungsi. Metabolisme bergantung hanya pada oksigen yang terlarut dalam darah, yang dipercaya diserap langsung melalui kulit dari air. Hal ini terjadi karena air dapat melarutkan paling banyak oksigen di suhu terdinginnya.

Quote:

5. Timun Laut Transaparan
Timun laut (sea cucumber), makhluk turunan jaman purba ini bergerak dengan lambat, tubuhnya lunak menghuni di air dalam, berevolusi dalam rangka bertahan hidup dan berkembang biak. Bagi beberapa timun laut, menjadi transparan akan membuat mereka tidak terlihat bagi predatornya.

Quote:
Quote:
Quote:

6. Udang Karang Transparan
Dasar goa merupakan salah satu lokasi tergelap di planet bumi – bahkan sumber cahaya yang bagus pun tidak berarti apa-apa di sini. Dalam kondisi inilah makhluk-makhluk seperti ikan, laba-laba, serangga, dan udang karang mentransformasikan dirinya menjadi transparan. Dalam kondisi tertentu mereka tidak butuh mata atau pigmentasi.

Quote:
Quote:
Quote:

7. Katak Transparan
Pernah liat “katak kaca” di atas? Asalnya dari hutan tropis Venezuela. Organ-organ dalam dan telur katak gelas ini dapat dilihat dengan mudah.

Quote:
Quote:
Quote:
Quote:

8. Ikan Berkepala Transparan
Aneh ini dalam ikan air disebut Barreleye (Macropinna microstoma) memiliki kepala dan tubular mata. Hal ini sangat sensitif terhadap cahaya mata yang dapat memutar, perisai berisi cairan di kepalanya, sedangkan mata tubular ikan, baik di dalam kepala, yang dibatasi oleh lensa hijau terang. Titik mata ke atas (seperti yang ditunjukkan di sini) saat ikan mencari makanan di atas kepala. Mereka menunjuk ke depan ketika ikan menyusu. Dua titik di atas mulut ikan tidak mata: mereka adalah organ penciuman disebut nares, yang analog dengan hidung manusia.

Quote:

9. Kupu-Kupu Bersayap Transparan
Pernah lihat kupu-kupu bersayap kaca? Kira-kira apa bedanya dengan kupu-kupu yang lain?
Kupu-kupu kaca, dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan glasswing butterfly . Orang Spanyol menyebutnya, espejitos . Artinya, cermin kecil.
Nah, kalau nama latinnya, Greta oto .
Sayapnya bening alias transparan. Malah seperti tidak punya sayap. Kalau terkena pantulan sinar matahari, sayap itu bisa berubah menjadi warna kuning, oranye, hijau.

Tergantung juga sih. Saat terkena sinar kupu-kupu itu berada di mana.

Kenapa sayapnya transparan?
Ada sebabnya, nih mengapa sayapnya transparan. Sebenarnya, semua kupu-kupu bersayap transparan. Namun, sayap kupu-kupu dipenuhi sisik-sisik. Sisik itu juga menyimpan pigmen warna.
Nah, di pegunungan Andes, kupu-kupu kaca banyak ditemukan.
Nah, kebetulan ketebalan sisik kupu-kupu transparan berbeda dan lebih tipis. Bahkan hampir tidak ada! Tidak heran saat terkena cahaya, sayap itu berubah menjadi bening.
Sayap transparan ini menguntungkan, loh! Sebab, para pemangsa seringkali terkecoh dan tidak menyadari keberadaan si kupu-kupu kaca. Hehehe, aman, deh dari pemangsa.
Para pemangsa juga tidak suka memakan kupu-kupu ini. Rasanya pahit! Karena terlalu banyak makan tanaman cestrum, tubuh si kupu-kupu jadi banyak kandungan alkaloid.
Makanya, para pemangsa tidak suka! Yang pasti, enggak tahan rasa pahitnya, itu loh.
Sayang, kupu-kupu kaca tidak ada di Indonesia.

Keberadaan kupu-kupu sayap kaca
Mau lihat kupu-kupu sayap kaca? Datanglah ke tempat asalnya, yaitu, Meksiko, Panama, Ekuador, Kosta Rika, Venezuela, Colombia, Peru dan Bolivia.
Hewan ini biasa hidup di hutan tropis Pegunungan Andes di ketinggian 1400 meter.
Kupu-kupu kaca juga seringkali dijadikan sebuah tanda untuk melihat kondisi lingkungan.
Hmm, kalau sampai hewan ini langka, berarti telah terjadi sesuatu dengan habitatnya. Dan itu pertanda hutan dalam bahaya.Wah, jangan sampai kupu-kupu ini menjadi langka!

Quote:
Quote:
Quote:
Quote:

10. Ikan Teri Transparan
Ikan teri yang transparan memungkinkan para peneliti di Children’s Hospital Boston untuk langsung melihat organ-organ internal ikan dan mengamati proses seperti pertumbuhan tumor secara real-time dalam organisme hidup.

Quote:

11. Larva Udang Transparan (Transparent Larval Shrimp)
Ditemukan di di perairan sekitar Hawaii,ini udang larva punggung babi.

Quote:

12. Transparent Salp
Ini ubur-ubur-seperti binatang yang dikenal sebagai pakan Salps tanaman kecil di dalam air yang disebut fitoplankton (ganggang laut). Mereka adalah binatang gentong yang dapat berkisar dari satu sampai 10 cm panjangnya.

Quote:
Quote:
Quote:

13. Ubur- Ubur Transparan (Transparent Jellyfish)
Ubur-ubur berenang bebas-anggota phylum Cnidaria. Mereka ditemukan di setiap laut, dari permukaan ke dalam laut. Banyak ubur-ubur begitu transparan sampai mereka hampir mustahil untuk melihat. Yang satu di atas adalah dari genus Arctapodema, dengan ukuran panjang satu inci (2,5 sentimeter-lama).

Quote:
Quote:
Quote:


sumber : dari berbagai sumber


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5831447

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s